Analysis of fiscal decentralization,general allocation funds, special allocation funds and balancing funds on the human development index

Rio Prasetyo Muhammad Wahyu Fauzi

Abstract


One off the three developmentt components that will implemented in various development programs iss the principle of equity, which is one the principles of human development. Policy development that favors disadvantaged groups of society is achieved through an eight-track equalization strategy. The government is improving the quality of health and basic education in line with economic growth. To show the success of the Human Development Index, this research is also linked to fiscal decentralization, general allocation funds, special allocation funds, and local revenue which is influenced by capital expenditure.

Menurut pedoman yang kemudian diterjemahkan oleh Repelita, pembangunan nasional Indonesia adalah pembangunan yangg menganut konsep pembangunan manusia. Pembangunan manusia integral adalah konsep yang menginginkan peningkatan kualitas hidup penduduk baik secara fisik maupun mental dan berfokus pada pengembangan sumber daya manusia fisik dan mental, yang berkontribusi pada peningkatan kapasitas dasar penduduk, yang pada gilirannya akan menghasilkan peningkatan kesejahteraan umum. Salah satu dari tiga komponen pembangunan yang diterapkan dalam berbagai program pembangunan yaitu azas pemerataan, yang merupakan salah satu prinsip pembangunan manusia. Pengembangan kebijakan yang berpihak pada kelompok masyarakat yang kurang beruntung dicapai melalui strategi pemerataan delapan jalur. Pemerintah meningkatkan kualitas kesehatan dan pendidikan dasar seiring dengan pertumbuhan ekonomi. Untuk menunjukkan keberhasilan Indeks Pembangunan Manusia, penelitian ini juga dikaitkan dengan desentralisasi fiskal, dana alokasi umum, dana alokasi khusus, dan dana perimbangan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.